Cara Alami Untuk Mengatasi Susah BAB Pada Anak

Penyakit Anak kecil Susah Buang Air Besar | Saat si kecil susah buang air besar, bisa jadi merupakan salah satu yang dikhawatirkan orang tua karena tidak tega melihat buah hati mereka mengeluhkan sakit perut saat sedang BAB. Karena pada umumnya susah BAB pada anak disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang, para orang tua harus waspada dan segera mungkin konsultasi dengan dokter jika gangguan ini disertai dengan demam atau terlihat bercak darah kotoran si kecil.

susah bab

Berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar BAB si kecil lancar dan teratur:

Pastikan si kecil cukup minum
Banyak orang tua yang menganggap sepele masalah asupan cairan si kecil dibanding zat nutrisi pada makanan, padahal peran air untuk tubuh si kecil sangatlah vital. Setiap harinya anak balita memerlukan 1-1,5 liter cairan dan yang merupakan sumber terbaik cairan adalah air putih. Jika anak kurang cairan, maka bisa menyebabkan dehidrasi dan konstipasi yang gejala umumnya seperti BAB tidak teratur, sakit perut, atau kotoran menjadi keras dan susah dikeluarkan.

Pastikan juga anak cukup serat
Meskipun serat ini susah dicerna oleh tubuh, tapi perannya sangat penting untuk kesehatan pencernaan buah hati. Jika buah hati mengalami BAB yang tidak teratur atau sering mengeluhkan sakit ketika BAB, cek kembali apakah asupan nutrisi yang diberikan mengandung serat yang cukup atau tidak? Contoh beberapa makanan yang tinggi akan serat diantaranya kacang-kacangan, jagung, beras merah, apel, brokoli, alpukat dan oatmel.

Perhatikan Possisi anak saat BAB
Saat anak mengeluhkan sakit perut dan mau BAB, posisikan dia untuk berjongkok di toilet, karena posisi ini dinilai lebih mudah untuk mengeluarkan kotoran daripada saat posisi berdiri. Jika si kecil sedang menggunakan pampers dan tidak mau diajak ke toilet, posisikan dia untuk tengkurap diatas paha orang dewasa sehingga bagian perutnya tertekan untuk memudahkan si kecil BAB.

Dengan menggunakan pelumas
Ketika kotoran si kecil menggumpal keras dan besar, akan susah dikeluarkan dan nantinya menyebabkan sakit ketika BAB. Apabila kondisinya cukup parah dan si kecil menangis, para orang tua bisa menggunakan pelumas khusus untuk susah buang air besar. Cari dan pilih jenis pelumas yang betul pelumas tanpa obat anak kecil.

Dengan air hangat
Nah untuk meredakkan rasa nyeri pada perutnya, para orang tua bisa memberikan kompres hangat atau air suam-suam kuku dan ditempelkan pada perut si kecil sambil dipijat dengan gerakan melingkar searah dengan arah jarum jam. Rasa hangat tersebut bisa mengurangi sakit perut karena sembelit.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi susah bab pada anak. Semoga Bermanfaat:))

Cara Alami Untuk Mengatasi Susah BAB Pada Anak | pinellisdining | 4.5
Christian louboutin cheap