Kegunaan Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit

Kita mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata daun kelor. Karena kata daun kelor juga sering disebutkan dalam peribahasa, yaitu dunia tidak selebar daun kelor. Namun, apakah Anda tahu bahwa daun kelor ini juga memiliki manfaat serta khasiat untuk kesehatan dan pencegahan penyakit ?

Ya, daun yang memiliki bentuk daun menyirip dengan ukuran helaian daun yang kecil dan berbentuk oval telur ternyata memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, diantaranya, daun kelor diketahui memiliki kandungan potasium 3 kali lipat dari pada pisang, kalsium 4 kali lipat lebih banyak dari susu, vitamin C 7 kali lipat dari jeruk, vitamin A 4 kali lipat lebih banyak daripada wortel, serta memiliki protein yang 2 kali lipat lebih banyak daripada susu. Dengan kandungan tersebut, kegunaan daun kelor bagi kesehatan dan pencegahan penyakit sudah tidak diragukan lagi keefektifannya.

Khasiat dan Kegunaan Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit

Kegunaan Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit

Walaupun belum banyak yang mengetahui dan mengenalnya secara utuh, namun khasiat dan kegunaan di dalam daun kelor ini sudah terbukti ampuh untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit, diantaranya yaitu :

  • Membantu pencernaan, daun kelor mempromosikan pencernan makanan yang merupakan bantuan yang tepat untuk mengatasi dan mencegah berbagai masalah pada perut.
  • Kegunaan daun kelor untuk pegal linu, dalam daun kelor terdapat kandungan pterigospermin yang bermanfaat sebagai penghangat. Rasa hangat inilah yang kemudian akan membuat otot tubuh menjadi rileks. Cara penggunaannya cukup muda, Anda cukup menghaluskan daun kelor dna membalutkannya di atas kulit bagian tubuh yang terasa pegal.
  • Anti kanker, selain dapat memberikan manfat bagi kesehatan tubuh, daun kelor ini juga memiliki manfaat untuk mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah mencegah kanekr. Manfaat daun kelor sebagai anti kanker ini telah ditunjukkan dalam studi kultur jaringansel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 2011 Jurnal Food and Chemical Toxicology. Ekstrak kelor mendukung kematian sel dini, mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti terkemuka menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami.
  • Meneydiakan energi, secangkir teh daun kelor setiap pagi bisa menguatkan bagian tubuh untuk tetap pro aktif sepanjang hari. Tubuh akan secara otomatis merasa baik dan lebih berenergi.
  • Menyehatkan rambut, daun kelor dapat menjadikan pertumbuhan rambut menjadi hidup, mengkilap, dengan asupan nutrisi yang tepat. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi teh daun kelor secara teratur.
  • Berat badan, studi mencerminkan bahwa teh kelor sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan. Efeknya merangsang metabolisme untuk lebih membantu tubuh membakar kalori dengan lebih cepat karena teh kelor juga diserap ke dalam usus.
  • Menyediakan nutrisi, selain dapat memberikan energi pada tubuh, teh daun kelor juga memiliki peran penting dapat memelihara kesehatan itak dan mata. Gizi otak membantunya dalam mengambil keputusan yang tepat bahkan pada situasi yang sulit.
  • Anti diabetes, menurut University of Wiconsin LaCrosse, sifat anti diabetes pada daun kelor ini didapatkan dari tingginya seng, yaitu mineral yang dibutuhkan untuk produksi insulin. Para peneliti menyimpulkan bahwa penyembuh menunjukkan kerja yang akurat tentang penyebab diabetes dan pendekatan dasar diperlukan untuk mengobati penyakit. Dalam studi hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari Journal of Diabetes, setiap 150 miligram per kilogram berat badan dari selama 21 hari, dapat diberikan manfaat antidiabetes yang signifikan.
  • Mencegah osteoporosis, kandungan kalsium yang terdapat didalam daun kelor dapat membuat tulang menjadi kuat dan mencegah terjadinya keropos tulang. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa kalsium yang terkandung di dalam daun kelor jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan susu.
  • Mencegah penyakit jantung, sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari Journal of Medicinal Food menemukan bahwa daun kelor dapat mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan. Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung.

Kegunaan daun kelor bagi kesehatan dan pencegahan penyakit memang sangat banyak. Pada ibu hamil, daun kelor juga sering dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi ASI. Beberapa penelitian menunjukkan kemungkinan hal tersebut, namun belum ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakan aman untuk bayi. Maka dari itu, hal yang terbaik bagi ibu hamil dan menyusui adalah untuk menghindari daun kelor.

Selain daun kelor, terdapat bagian lain daritanaman kelor yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu bagian akar, biji, bunga, hingga buahnya.

Kegunaan Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit | pinellisdining | 4.5
Christian louboutin cheap