Manfaat Teripang Emas Menurut Para Ahli

Teripang emas adalah salah satu spesies hewan laut yang mempunyai bentuk seperti timun, sehingga tak heran apabila hewan laut yang satu ini sering disebut sebagai timun laut.

Teripang emas ini adalah hewan yang bergerak lambat, dan hidup pada dasar subrtrat pasir, lumpur pasiran maupun dalam lingkungan terumbu.

Teripang emas ini menjadi bahan utama pembuatan produk QnC jelly gamat dari bijaksana maju utama yang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit luar dan dalam. Bentuknya yang cair seperti putih telur menjadikan produk yang satu ini bisa dikonsumsi dan juga dioles.

Berikut manfaat teripang emas menurut para ahli :

Dr.Ir Ahkam Subroto,M.App Sc dari LIPI mengatakan : teripang laut mempunyai kandungan protein tinggi yang mencapai 86,8% yang sangat baik untuk diberikan pada penderita diabetes melitus. Protein tinggi ini berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulinpun meningkat.

Hasil penelitian teripang emas yang dilakukan oleh dr. Zen Djaja, M.D. di Malang, Jawa Timur, menemukan kandungan asam amino dalam teripang emas sangat berperan penting dalam memperbaiki metabolisme tubuh sehingga tidak terjadi pengendapan batu ginjal. Ekstrak teripang membantu kerja enzim oksidase urat alias urikase sehingga kristal kalsium tak terbentuk. Kristal kalsium tak larut dalam air dan menumpuk di ginjal. Dengan bantuan enzim urikase, asam urat diubah jadi allantoin dan larut dalam air, lalu keluar bersamaan dengan urine.

Prof. Dr.Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia. Dari hasil penelitiannya disebutkan bahwa ” teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, merontokkan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan penyakit maag, serta dapat menyembuhkan asma kronis. Selain itu teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang sangat tinggi”.

Riset Dr. Mittchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menunjukan bahwa teripang sangat berkhasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian.

Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia mengatakan bahwa kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini sudah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang. Dimana kandungan DHA teripang relatif tinggi yaitu 3,69%.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan china yang diterbitkan pada bulan Agustus 2005 dengan judul “Cancer Biology & Therapi” teripang mempunyai kandungan senyawa yang dikenal dengan E Philinopside atau PE. PE ini bisa menghambat pembentukan pembuluh darah yang memasok nutrisi kepada tumor. Dengan demikian akan menekan pertumbuhan dan proliferasi tumor dalam tubuh.

Mengkonsumsi teripang atau ekstrak teripang juga dapat mempercepat penyembuhan luka, karena teripang mampu berfungsi dalam pembentukan jaringan baru dalam waktu singkat. Hal ini mungkin disebabkan oleh karakter teripang yang mempunyai zat tertentu yang dapat dengan cepat meregenerasi jaringan tubuhnya yang rusak karena terluka. Hal tersebut dikemukakan oleh “Marine Drugs” dalam sebuah Studi yang dilakukan pada bulan Oktober 2011, kemampuan teripang dalam meregenerasi tubuhnya yang rusak, karena binatang ini mengandung asam lemak tertentu, seperti misalnya asam arakidonat.

Menurut Prof. Dr. Ridzwan Hashim dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Menyatakan bahwa “Teripang mengandung 86,8% protein, protein teripang mudah diuraikan oleh enzim pepsin. Dari jumlah itu sekitar 80,0% berupa kolagen yang berguna sebagai pengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan kulit. Dalam pertumbuhan tulang, suplemen kalsium saja tidak cukup, lantaran tulang terdiri dari kalsium fosfat dan kolagen sebagai pengisi. Tanpa kolagen tulang menjadi rapuh dan mudah pecah seperti kaca. Sebaliknya bila tanpa kalsium, tulang akan kenyal seperti karet. Untuk itu diperlukan komposisi yang seimbang”.

Li Z, Wang H dan Zhang G dari Shanghai Institute of Hematology, Shanghai Second Medical University, China mengungkap teripang sebagai anti penggumpalan dan pembekuan darah. Itu dikarenakan adanya senyawa Glucasaminoglycans (GAGs). Pada konsentrasi 5 mikrogram/ml, Glucasaminoglycans (GAGs) mampu menyembuhkan stroke iskemik otak dan penyakit jantung iskemik. Kinerjanya dengan menghambat aktivitas pembekuan darah melalui penghambatan monomer fibrin dan meningkatkan aktivitas plasmin. Plasmin, enzim pengurai protein plasma darah yang menurunkan kekentalan darah. Itu terjadi saat pelukaan sehingga darah membeku.

Dr Oetjoeng Handajanto Sukajadi, Bandung. Perkenalan dr Oetjoeng Handajanto dengan ekstrak teripang pada 2004. Semula ia menganggap ekstrak teripang hanya suplemen. Ahli terapi kolon itu memberikan ekstrak itu kepada penderita gangren atau luka akibat diabetes mellitus. Dalam hitungan hari, luka pun mengering. Menurut lulusan Fakultas Kedokteran Bochum University, Jerman, itu keampuhan ekstrak teripang kaya kolagen. Faedah kolagen meningkatkan regenerasi sel-sel mati akibat luka sehingga mempercepat penyembuhan. Ia tak menyangka ekstrak itu mampu menyembuhkan luka dalam waktu singkat. Bagaimana dengan diabetes mellitus? Penyakit kencing manis itu pada dasarnya tidak bisa disembuhkan, tetapi kadar gula darah hanya bisa dikontrol. Itu pun hanya pada penderita diabetes tanpa ketergantungan insulin. Nutrisi pada teripang mampu merangsang kelenjar pankreas memproduksi insulin. Selain itu anggota famili Holothuriidae itu memperbaiki kinerja ginjal dan limpa sehingga gula dapat dicerna dengan baik. Senyawa aktif itu juga berguna untuk mengatasi luka dinding lambung penderita maag akut dan gangguan pencernaan.

Hsi-Hsien Liu. Periset National Chung-Hsing University, Taiwan, meneliti efek penurunan lemak alias hipolipidemik karena senyawa glikosaminoglikan. Senyawa itu terkandung dalam teripang. Glikosaminoglikan alias GAGs teripang mengandung asam heksosamin dan heksuronat. Percobaan selanjutnya dilakukan terhadap tikus winstar berbobot 5 g, 10 g, 15 g, dan 20 g. Tikus-tikus itu diberi 1% kolesterol selama 6 pekan sehingga total kolesterol, LDL, dan bobot hati meningkat.

Menurut ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee, Di Pulau Langkawi, Malaysia, teripang sohor sebagai obat untuk penyakit nyeri sendi akibat asam urat. Ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengatakan teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin. Kondritin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi. Sedangkan glukosaminoglikan merupakan zat antithrombogenik pelancar peredaran darah yang menggumpal. Pada penderita penyakit asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit.

Manfaat Teripang Emas Menurut Para Ahli | pinellisdining | 4.5
Christian louboutin cheap